Rabu, 11 November 2015

Publikasi Karya Tulis Ilmiah

Publikasi adalah suatu tindakan membuat sesuatu diperuntukkan untuk khalayak umum. Publikasi merupakan tahap terakhir dari dibuatnya karya ilmiah.  Dalam karya akademis, publikasi diperlukan agar publik mengetahui karya ilmiah yang kita buat, biasanya berbentuk jurnal ilmiah atau buku. Dalam publikasi ilmiah, terdapat artikel atau karangan yang dapat berisi hasil penelitian atau penjabaran dari hasil-hasil penelitian yang sudah pernah ada. Sebelum mempublikasikan karya tulis ilmiah, penulis dituntut untuk memiliki banyak pengetahuan, memecahkan masalah dari suatu  kejadian, setelah itu penulis dapat menuangkannya di dalam karya tulis ilmiah.

Cara mempublikasi karya tulis ilmiah yang berbentuk jurnal atau buku seperti memasang iklan di surat kabar (koran), review dari teman-teman merupakan salah satu media publikasi tanpa biaya yang berdampak besar akan keberhasilan mempublikasikan karya tulis ilmiah. Di masa sekarang, semakin pesatnya penggunaan media sosialisasi via online dapat mempermudah penulis dalam mempublikasikan karya tulis ilmiahnya, contohnya melewati blogger atau wordpress, sehingga teman-teman kita dapat me-review karya tulis ilmiah dari kotak komentar yang tersedia. Pameran merupakan salah satu cara kita mempublikasikan karya tulis ilmiah, dengan pameran karya tulis ilmiah yang dibuat dapat terpromosi ke khalayak umum. Seminar karya ilmiah juga salah satu cara publikasi yang efektif untuk mempromosikan jurnal atau buku ilmiah, penulis dituntut untuk aktif mempresentasikan segala hal yang terkait pada jurnal atau buku tersebut. 
Berikut contoh video presentasi ilmiah :

Teknik berbicara efektif merupakan salah satu cara berbicara yang menarik dan jelas sehingga dapat dimengerti lawan bicara. Teknik berbicara efektif sangat diperlukan agar percakapan dengan lawan bicara terjadi timbal balik dan tidak terkesan membosankan. Biasanya teknik berbicara efektif  diperlukan dalam mempresentasikan sesuatu di depan banyak orang. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam teknik berbicara efektif yaitu : 
  1. Memilih pokok persoalan untuk dibicarakan
  2. Berbicara diiringi dengan bantuan gerak gerik
  3. Menatap lawan bicara dengan sopan
  4. Memberi kesempatan berbicara kepada lawan bicara
  5. Menyesuaikan situasi dengan lawan bicara dengan baik
  6. Menghargai dan menghormati lawan bicara dengan baik
  7. Menanggapi setiap reaksi, saran, usul dari lawan bicara
Berikut contoh slide presentasi sederhana :

Dalam mempresentasikan sebuah karya tulis ilmiah, diperlukan beberapa teknik presentasi yang mampu menggugah audience untuk mendengar isi presentasi yang disampaikan. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan penyampai materi :
  1. Latih pernapasan, agar kalimat penyampai tidak terputus saat mempresentasikan materi
  2. Latih presentasi dengan orang yang dikenal terlebih dahulu
  3. Kenali situasi sekitar saat melakukan presentasi
  4. Kenali audience
  5. Menyesuaikan isi konten presentasi
  6. Terhubung dengan pendengar, sehingga pendengar tidak merasa bosan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar